LEMBAGA PERLINDUNGAN KONSUMEN NASIONAL INDONESIA (PERSEROAN)

Sesuai dengan yang diamanatkan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, lembaga ini dapat berperan aktif untuk mewujudkan perlindungan konsumen yaitu dengan membantu meningkatkan kesadaran konsumen akan hak-haknya dan kewajiban, melakukan penelitian serta pengujian, menerima pengaduan dalam bentuk apapun, tetapi juga melakukan tindakan mediasi dan advokasi langsung melalui jalur pengadilan. Lembaga Perlindungan Konsumen Nasional Indonesia (perseroan) mengharapkan dapat menjadi alat pengendali bagi para pelaku usaha dalam meningkatkan pelayanan kepada konsumen, serta dapat menjadi mitra bagi pemerintah untuk melaksanakan kegiatan perlindungan kepada konsumen.
Dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya dibidang perlindungan konsumen, Lembaga Perlindungan Konsumen Nasional Indonesia (perseroan) tetap berpedoman pada peraturan yang berlaku yaitu Undang-Undang Perlindungan Konsumen serta peraturan lain yang terkait. Secara umum dapat dijabarkan tugas dan kewajiban Lembaga Perlindungan Konsumen Nasional Indonesia (perseroan) sebagaimana yang diamanatkan UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, mempunyai tugas :
(1) Menyebarluaskan informasi dalam rangka meningkatkan kesadaran atas hak, kewajiban serta kehati-hatian konsumen dalam mengkonsumsi barang dan /atau jasa;
(2) Melakukan pengawasan bersama pemerintah serta instansi terkait dan masyarakat terhadap pelaksanaan perlindungan konsumen;
(3) Menerima pengaduan konsumen serta memperjuangkan haknya;
(4) Memberikan nasehat kepada konsumen yang mengalami permasalahan;